PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Papua

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Papua

BPTP Papua Tegaskan Komitmen Pelayanan Publik




Sentani - Bentuk keseriusan BPTP Papua dalam menyelenggarakan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dilaksanakan dengan Penandatanganan dokumen Komitmen Bersama KIP di lingkungan BPTP Papua. Penandatanganan ini dilaksanakan di Aula BPTP Papua, Rabu (10/06) dan dihadiri oleh seluruh ASN BPTP Papua.

Dokumen Komitmen Bersama ditandatangani oleh Kepala Balai, Kasie KSPP, Kasubbag TU, Koord. Fungsional Peneliti-Penyuluh-Litkayasa, Tim Program, Perwakilan Lab, Perpustakaan, Kepegawaian dan Rumah Tangga serta Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan dan Tim PPID.

Seluruh pegawai turut pula menandatangani komitmen bersama dalam banner yang disediakan sebagai bentuk komitmen holistik seluruh elemen balai.

Sesuai amanat UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, instansi pemerintah harus dapat mempertanggungjawabkan pelayanannya kepada masyarakat. Walaupun BPTP Papua tidak termasuk instansi BLU (Badan Layanan Umum), namun stakeholder atau masyarakat umum dapat memperoleh informasi apapun yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Layanan publik tersebut dapat dilakukan secara daring (online) maupun berupa kunjungan langsung (on visit). Informasi yang disediakan pun beragam. Secara daring, stakeholder dapat membuka portal PPID BPTP Papua yaitu bptppapua.ppid.pertanian.go.id maupun website resmi papua.litbang.pertanian.go.id. Disana tersedia informasi yang bersifat informasi serta merta, berkala, sesuai permintaan dan informasi wajib serta informasi yang dikecualikan untuk dokumen rahasia negara.

Sebagai informasi, PPID Kementan telah memperoleh predikat tertinggi KIP yakni sebagai Badan Publik Informatif. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menerima penghargaan tersebut langsung dari Wapres RI, K.H. Ma'ruf Amin. Bagi BPTP Papua, pemeringkatan tahun lalu di lingkup BB Pengkajian memperoleh peringkat ke-9 dari 33 BPTP Selindo atau ke-72 dari seluruh UPT Kementerian Pertanian.

Melalui adanya komitmen bersama ini, diharapkan layanan publik yang ada di lingkup Balitbangtan BPTP Papua dapat berjalan sesuai amanat Undang-undang dan berkembang ke arah yang lebih baik dan setia melayani. (RnD)

#ppidbptppapua

#keepKIP

#melayani