PPID Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Papua

Kepala Balai Bersama PPID Sambut Wakil Bupati Waropen di Kantor BPTP Sentani




Sentani (11/05) Awal pekan ini, Kepala BPTP Papua, Dr. Muhammad Thamrin didampingi Tim PPID Kasie KSPP Mariana Ondikeleuw, M.Si dan Merlin Rumbarar, M.Sc menerima kunjungan Wakil Bupati Kabupaten Waropen Hendrik Wonatorei, S.Sos di Kantor BPTP Papua Sentani.

Kunjungan ini berkaitan dengan upaya BPTP Papua bersama Pemda Kabupaten Waropen dalam percepatan pendaftaran varietas plasma nutfah Kacang “Kawarui” lokal Waropen. Wakil bupati Kabupaten Waropen bertukar informasi dengan Kepala BPTP seputar program strategis dan program unggulan daerah yang direncanakan ke depannya akan dilakukan oleh Pemda Waropen.  memproteksi tanaman kacang tersebut karena memiliki nilai kearifan lokal budaya yang hingga saat ini masih dilakukan. Ditambahkan juga bahwa saat ini Pemda Waropen tengah merencanakan membuat Waropen sebagai lumbung pangan lokal lewat teknologi pengolahan pangan Sagu.

Meski masih dalam tahap awal, namun hal ini direspon dengan tanggap oleh Kepala BPTP Papua untuk memberikan pendampingan dalam teknik budidaya hingga pengolahan pasca panen.

Setelah diskusi, Kepala BPTP memberikan “tour” ke Taman Agro Inovasi, Opal (Obor Pangan Lestari) yang antara lain ditanami kedelai dan kacang hijau unggulan produk Balitbangtan, serta tanaman-tanaman lokal lainnya seperti ubi jalar, tanaman  obat (biofarmaka) dan kacang “Kawarui”. Tidak lupa, Kepala BPTP Papua juga mengenalkan salah satu produk ternak unggulan litbang yakni Ayam KUB.

Kegiatan kunjungan Wakil Bupati Waropen ini diakhiri dengan pemberian bahan cetak berupa leaflet yang memuat teknologi pertanian Badan Litbang Kementerian Pertanian.

Wakil Bupati Waropen berharap kedepannya akan ada kerjasama resmi antara Kabupaten Waropen dan BPTP Papua terkait kegiatan pendampingan teknologi Pertanian.